Depan Pesta Rakyat Ngagobyag Tahun 2023

Pesta Rakyat Ngagobyag Tahun 2023

             Ngagobyag merupakan pesta rakyat tahunan yakni berebut menangkap ikan yang diadakan pada tanggal 1 Januari 2023 di Situ Citamba, Kelurahan Cigugur. Acara ini didakan setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Sebelumnya, situ telah disebar ikan dengan tonase yang sudah disiapkan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri di wilayah Kelurahan Cigugur, sehingga banyak peserta yang hadir datang dari berbagai daerah. Pada acara ini, peserta tidak dipungut biaya dan dapat menangkap ikan sebanyak-banyaknya. 

             Sejak pukul 06.00 WIB, Situ Citamba sudah mulai ramai didatangi oleh masyarakat yang ingin turut serta dalam berebut ikan atau sekedar menikmati keseruan acara. Terlihat pemuda Blok Citamba yakni IPPC yang turut serta terlibat sebagai panitia dalam pelaksanaan Ngagobyag mengatur sedemikian acara serta tamu-tamu yang hadir. Panggung dan pengisi acara seperti seni tari dan tarik suara juga ditampilkan untuk memeriahkan acara. 

                    

                 Hal yang membuat Ngagobyag tersebut semakin unik adalah kabut yang menyelimuti Situ Citamba sejak dini hari hingga air situ disurutkan pun kabut masih cukup tebal. Namun kondisi tersebut tidak menurunkan semangat peserta untuk berebut menangkap ikan. Diperkirakan jumlah peserta Ngagobyag ada lebih dari 1.000 orang, bahkan mencapai 2.000 orang. Setiap peserta memiliki trik menangkap ikan yang berbeda-beda. Ada yang mencari di tepi situ dengan jaring, ada pula yang berdiri di tengah-tengah situ dengan tangan kosong.       

                    

            Acara Ngagobyag turut dihadiri oleh Bapak H. Acep Purnama, S.H., M.H., Bupati Kuningan beserta istri, yakni Ibu Hj. Ika Siti Rakhmatika. Selain itu juga Camat Cigugur, Yono Rahmansyah, S.STP., serta Lurah Cigugur, Oyo Sutaryo, S.E. Setelah membuka acara Ngagobyag, Bupati makan bersama di rumah salah satu warga di dekat Situ Citamba yaitu Pak Yudi. Disana Bupati juga berbincang dengan mahasiswa KKN PPM Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengenai potensi dan permasalahan wilayah yang ada di Kecamatan Cigugur, serta memberikan masukan-masukan untuk program kerja yang dapat dilakukan. Sehingga dapat secara bersama-sama membangun dan memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan potensi wilayah, serta menyelesaikan masalah yang ada di Kecamatan Cigugur.